Desa Tomok Samosir

By | 2 Juni 2017

Desa Tomok Samosir

Sekilas Tentang Desa Tomok Samosir

Desa Tomok samosir, tahukan anda tentang desa yang berada di Pulau Samosir ini? Desa Tomok merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Pulau Samosir, Sumatra Utara.

Desa yang di sebut sebagai salah satu gerbang pembuka Pulau Samosir ini menjadi wilayah pertama ketika anda berkunjung ke Pulau Samosir Sumatera Utara melalui Pelabuhan Ajibata, Parapat.

Selain wilayah Tuktuk Samosir, Tomok juga menjadi salah satu desa yang menjadi icon Pulau Samosir karena memiliki banyak sekali wisata yang dapat di kunjungi.

Tak hanya wisatawan lokal saja, melainkan banyak pula wisatawan asing yang berkesempatan untuk bisa berkunjung ke Desa Tomok untuk menikmati berbagai tempat wisata khas Sumatera Utara yang tersaji dalam keanekaragaman budaya yang masih terus di lestarikan.

Berbicara mengenai tempat wisata yang terdapat di desa Tomok, maka berikut ini adalah beberapa lokasi wisata khas desa Tomok yang dapat anda kunjungi serta anda jadikan sebagai tempat berlibur untuk mengenang ke budayaan serta peninggalan desa setempat. Berikut adalah wisata desa Tomok terbaik yang ada di sana:

  1. Museum Batak Samosir

Museum Batak samosir adalah salah satu museum yang ada di Sumatera Utara. Di wilayah Sumatera Utara sendiri sebenarnya terdapat banyak sekali museum yang terus di lestarikan hingga saat ini termasuk yang terdapat di Pulau Samosir.

Museum ini merupakan salah satu museum yang berbentuk Rumah Bolon. Rumah Bolon adalah salah satu rumah khas adat Sumatera Utara yang di peruntukan bagi para raja dan keluarganya. Rumah Bolon berbentuk seperti rumah khas adat batak setempat yang tidak memiliki kamar atau bilik di dalamnya.

Rumah ini memiliki banyak ciri di dalamnya, salah satunya jika anda masuk ke dalamnya tentu anda akan menaiki sebuah tangga yang bernilai ganjil. Tangga bernilai ganjil ini memiliki nilai di mana, angka ganjil di anggap memiliki keberuntungan bagi si pemilik rumah. Tak hanya itu saja ketika anda masuk, tentu anda akan menuntukkan kepala.

Hal ini di maksudkan bagi setiap tamu harus tunduk dan hormat ke pada tuan rumahnya.

  1. Patung Sigale-gale

Patung Sigale-Gale merupakan sebuah patung yang memiliki makna dan cerita dulunya. Patung ini di buat dengan sebuah makna dimana pada zaman dulu ada anak raja yang meninggal di medan parang.

Kemudian untuk mengenang si anak raja, penduduk sekitar membuat patung yang menyerupai wajah si anak yang di pahat dari kayu yang kemudian di masuki roh anak tersebut untuk mengenangnya hingga saat ini.

Kini patung sigale-gale masih menjadi patung yang terus di lestarikan dan menjadi salah satu icon yang ada di Pulau Samosir tepatnya di Desa Tomok.

Itulah sekilas mengenai desa tomok pulau samosir yang dapat anda kunjungi ketika berwisata ke pulau samosir yang terkenal dengan keindahan alam ragawinya.