Mengenal Lebih Dekat Danau Toba

By | 31 Mei 2017

Mengenal Lebih Dekat Danau Toba

Mengenal Lebih Dekat Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang berada di Pulau Sumatera. Danau Toba adalah salah satu keajaiban alam yang keberadaannya diakui oleh dunia.

Tahukah Anda, bahwa keindahan Danau Toba sungguh memikat bagi mata yang memandangnya , rasanya seperti tak ada lagi tempat lain lagi yang nyaman untuk dikunjungi. Cuacanya yang dingin serta airnya yang  biru terhampar luas dengan sederetan pegunungan hijau yang mengelilinginya adalah bagian yang bisa dilihat saat anda mengunjunginya.

Danau Toba sendiri merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meski kebanyakan diantara mereka lebih memilih untuk tinggal sementara di Samosir namun keindahan Danau Toba dapat disaksikan dimana saja karena luasnya hamparan air biru yang terbentang meliputi beberapa Kabupaten di Sumatera Utara.

Transportasi

Terdapat beberapa pilihan transportasi untuk menuju Danau Toba kesana misalnya bus umum, Anda bisa mendapatkan layanan ini dari Terminal Bus Pinang Baris atau Terminal Amplas dengan jurusan Parapat.

Atau, bagi anda yang ingin merasa nyaman selama perjalanan menuju kesana bisa menggunakan layanan jasa Travel meski untuk mendapatkannya harus membayar lebih. Bisa juga dengan menyewa kendaraan seperti City Car dengan tarif berbeda beda sesuai ketentuan pihak penyedia jasa.

Aktivitas

Setibanya anda di Danau Toba, maka berbagai aktifitas menarikpun bisa dilakukan seperti berperahu layar, berenang maupun mendaki gunung. Sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan tenaga setelah bekerja cukup lama dengan rutinitas yang sama.

Atau, bagi anda yang suka aktifitas air selain berenang ada juga pilihan untuk mengendari motor boat, bermain ski air, kano hingga memancing. Permainan lainnya yang tak kalah asyiknya adalah bermain golf. Bayangkan, sambil mengayunkan stik golf dan memandang arah bola mata tak lepas dari keindahan Danau Toba.

Akomodasi

Selesai bermain dengan air, jalan santai bisa menjadi alternatif yang layak dicoba. Bukit Sungai Naborsahon adalah salah satu bukit yang menawarkan aneka jenis kuntum seperti pointetties, honey suckel serta bougenvil yang terus bermekaran sepanjang tahun.

Seperti yang dijelaskan diatas jika para pengunjung lebih menyukai tinggal di Pulau Samosir, namun bukan berarti Danau Toba tidak menyuguhkan aneka akomodasi yang bisa dipilih sesuai dengan budget. Salah satunya di Parapat misalnya mulai dari villa, hotel, bungalow, homestay hingga guesthouse dapat dijadikan sebagai tempat untuk memulihkan tenaga selepas bermain seharian di Danau Toba.

Atau, bagi anda yang ingin tinggal di Samosir maka Tuk Tuk merupakan tempat yang cukup strategis untuk mencari hotel dengan harga yang cukup bervariasi. Bagi pengunjung yang memiliki dana terbatas bisa mencari hotel melati dengan kondisi yang nyaman serta bersih.

Berbicara soal luasnya danau ini, maka banyak para ahli beranggapan jika Danau Toba layak disebut lautan. Sangking luasnya, pengunjung bisa menikmati panorama keindahannya tak hanya dari Parapat atau Samosir saja. Balige adalah salah satunya.

Ibukota Kabupaten Toba Samosir ini bisa menjadi alternatif menikmati Danau Toba dari sudut yang berbeda. Selain itu, kesejukan udara yang tak kalah dengan Parapat atau Samosir membuat wisatawan dijamin puas menjelajah berbagai daerah. Sebut saja Bukit Pahoda yang bisa ditempuh dalam waktu singkat. Atau, bisa juga singgah di Pasar Tradisional Balige dimana aneka souvenir bisa dibeli dengan harga relatif terjangkau. Bisa juga ke Pantai Lumban Silintong dan Tara Bunga.

Tidak dipungkiri lagi jika tak menikmati kuliner khas dari daerah yang dikunjungi seperti tidak pergi kemana mana. Begitu juga halnya dengan daerah wisata Danau Toba ini yang sudah pasti menyediakan makanan yang mampu menggugah selera. Sayangnya, tidak sedikit warung makan yang menyajikan masakan non halal. Nah, bagi anda yang muslim sebaiknya mencari warung makan yang memfasilitasi kuliner halal. Tidak perlu khawatir, cukup banyak kok resto makanan khas Minang, melayu dan Jawa